Buah-buahan untuk penderita anemia

Jual jilbab bergo syar'i

Assalamu’alaykum, shalihah… apa kabar hari ini?? semoga sehat selalu, senantiasa dalam lindungan Allaah, dan hati selalu damai, tenang dan tetram yaah ^^

 

By the way, disini ada penderita Anemia?? anemia yang kerap diartikan juga ‘darah rendah’ padahal keduanya itu berbeda. Bedanya apa sih??

 

Singkatnya, “Kalau darah rendah itu tekanan darahnya yang rendah atau lemah, ini diukurnya dengan menggunakan tensi meter. Sedangkan anemia adalah butir darah merahnya yang berkurang, ini diukurnya pakai Hb meter,” (keterangan dari Prof. Dr. dr. Budhi Setianto, Sp JP, FIHA dari Rumah Sakit Jantung & Pembuluh Darah Harapan Kita, dikutip dari artikel detikHealth)

 

Nah, seakarang kamu udah tau kan kalau Anemia dan darah rendah itu berbeda?? hihihi..

Meskipun gejalanya sama, tapi tetap saja beda.

 

Bagi penderita anemia, biasanya anemia sering muncul ketika kita kurang istirahat, terlalu capek, dan banyak pikiran. Saat aku masih duduk di bangku sekolah apalagi saat SD dan SMP sering sekali kambuh, karena aktifitas sedabrek, tapi makin kesini Alhamdulillaah sudah tidak pernah kambuh lagi.

 

Untuk mengurangi kambuhnya anemia, kamu bisa makan buah dan sayuran yang kaya akan vitamin dan zat besi. Kalau kamu kurang menyukai buah atau sayur, bisa di siasati dengan jus sayur atau buah organik.

 

Berikut macam-macam vitamin dari makanan yang bisa membantu meningkatkan sel darah merah:

 

  1. Vitamin A
    vitamin A ga hanya penting untuk kesehatan mata, tapi juga penting untuk meningkatkan jumlah sel darah merah, lho.. Vitamin A membantu dalam mobilisasi zat besi dari untuk dimasukkan ke dalam hemoglobin, pigmen yang mengangkut oksigen. Buah-buahan yang mengandung vitamin A diantaranya aprikot, melon, jeruk, plum, mangga, semangka dan buah yang dikeringkan.

 

  1. Vitamin B kompleks

Ada beberapa dari vitamin B kompleks yang penting untuk produksi dan fungsi sel darah merah. Di antaranya adalah B-12, B-6, B-5 tiamin dan riboflavin. Buah-buahan yang merupakan sumber vitamin B kompleks antara lain pisang, kurma, mangga, anggur, nanas, semangka, melon, alpukat dan buah delima.

3. Vitamin C

Menurut Linus Pauling Institute, vitamin C sangat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi nonheme, yang membuat naik sekitar dua pertiga dari jumlah zat besi diserap. Buah yang mengandung vitamin C antara lain buah jeruk, lemon, jeruk nipis, strawberry, kiwi, mangga, pepaya dan nanas.

 

  1. Zat besi

Zat besi adalah komponen dalam perumusan hemoglobin, yang sangat penting untuk transportasi dan penyimpanan oksigen. Buah yang menjadi sumber zat besi diantaranya adalah kismis, plum, alpukat, blackberry, ceri, anggur, semangka, raspberry dan buah ara.

 

  1. Mineral

Dikutip dari detikhealth, Linus Pauling Institute mengatakan tembaga membantu dalam metabolisme zat besi, sedangkan fosfor membantu hemoglobin dalam pengiriman oksigen ke jaringan tubuh. Buah yang kaya fosfor dan tembaga antara lain kiwi, kurma, mangga, alpukat, blackberry dan delima.

 

Nah, itu adalah beberapa vitamin dan buah-buahan yang bisa kamu konsumsi untuk membantu meningkatkan sel darah merah.

Semoga membantu yaa, shalihah… ^^

Artikel ini di kutip dari DetikHealth

Ohya untuk yang berminat memesan Jilbab Bergo Syar’i jakarta bisa cek di katalog Hijab Syandana yaa karena kami men Jual Jilbab Bergo Murah Syar’i

Jazakumullaah khayr sudah membaca.

Wassalamu’alaykum warrahmatullaah wabarakatuh ^_^

jual jilbab bergo murah syar'i

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading...